Sehat Fisik Saja Tidak Cukup Loh

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara cerdas kelola stres yang dapat Anda lakukan guna mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Stres merupakan salah satu kondisi saat mental sedang terpuruk bisa karena faktor internal dalam diri sendiri maupun faktor eksternal dari lingkungan sekitar yang melakukan penekanan pada mental.

Tingginya angka kejadian bunuh diri di dunia ini umumnya disebabkan oleh faktor stres yang mendorong orang untuk melakukan hal-hal nekat karena tidak kuat lagi menghadapi kenyataan yang ada. Hal ini bisa diperparah apabila korban tidak memiliki teman atau keluarga sebagai tempat bersandar. Atau bahkan bisa jadi keluarga yang menyebabkan timbulnya tekanan hingga berujung pada stres.

Kelola Stres Menjadi Salah Satu Bagian Dari Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sedang mencanangkan program Germas atau gerakan masyarakat hidup sehat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Definisi sehat bukan hanya keadaan sempurna pada fisik saja, namun juga pada rohani atau mental. Sehingga antara faktor fisik dan mental perlu dijaga kesehatannya guna mencapai kesehatan yang paripurna.

Ketika fisik Anda sehat tanpa luka namun mental Anda sedang tertekan dan tidak bahagia maka Anda tidak bisa masuk ke dalam definisi sehat. Hal tersebut menunjukkan bahwa stres merupakan salah satu hal penting yang wajib dikelola agar kesehatan tubuh dapat terjamin. Berikut ini beberapa cara cerdas kelola stres yang dapat Anda lakukan agar bisa mencapai kesehatan yang paripurna.

  • Selalu Tersenyum, Tapi Tidak Senyum Sendiri

Senyum merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling mudah dilakukan. Saat bertemu dengan teman, tetangga, atasan dengan melemparkan senyum tentunya dapat membuat orang lain yang melihat Anda pun menjadi senang sehingga memberikan respons positif terhadap Anda.

  • Sempatkan Waktu Untuk Melakukan Refreshing

Sepadat apa pun waktu Anda miliki, hiburan atau refreshing perlu dilakukan agar bisa melakukan isi ulang tenaga dan pikiran. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mudah sebenarnya seperti melakukan hobi atau sekedar bercanda dengan teman. Intinya lakukan hal yang Anda sukai sebagai cara cerdas kelola stres.

Related posts: