Sehat Pasca Operasi Sectio Cesaria

Kehamilan merupakan salah satu hal yang di tunggu oleh semua pasangan suami istri terutama yang baru saja menikah. Namun bagaimana jika proses kelahiran buah hati terlampau sulit sehingga calon ibu harus melaluinya dengan operasi Sectio Cesaria atau yang lebih di kenal dengan operasi Cesar?

Sebenarnya baik ibu melahirkan dengan cara normal atau Cesar, sama-sama sudah melalui hal yang cukup berat untuk memperjuangkan kelahiran. Banyak para ibu yang tak mau operasi Cesar namun memilih jenis operasi normal karena proses penyembuhan pada operasi Cesar terbilang lebih lama di bandingkan persalinan normal. Maka dari itu kini ada aturan terbaru bahwa operasi Cesar hanya boleh di lakukan dalam kondisi darurat saja.

Beberapa Cara Sehat Setelah Operasi Sectio Cesaria

Mengapa muncul aturan tersebut? Karena ada beberapa ibu yang memilih operasi Cesar demi menghindari rasa sakit dari persalinan normal. Ada juga yang ingin mencari tanggal baik atau favorit untuk kelahiran buah hati mereka. Berikut ini beberapa cara untuk bisa cepat pulih dan sehat meskipun Kita selepas melakukan operasi Cesar.

  • Lakukan instruksi dokter

Biasanya setelah operasi Cesar di lakukan maka setelah pasien di pindahkan ke ruang rawat inap selanjutnya dokter akan mengecek kondisi terbaru dari pasien operasi Cesar tersebut. Jika di rasa memungkinkan maka di sarankan untuk latihan miring kanan dan kiri kemudian duduk. Hal itu untuk melatih otot perut dan bagian jahitan agar cepat merekat. Lakukan instruksinya dengan benar.

  • Aktivitas ringan

Meskipun Anda selepas operasi Cesar namun bukan berarti Anda tak boleh beraktivitas sama sekali. Justru dengan beraktivitas maka proses penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat. Hanya perlu di ingat bahwa hanya aktivitas ringan saja yang di perbolehkan dan Anda tak di perkenankan untuk mengangkat beban berat dulu.

  • Cukupi kebutuhan protein

Dan usahakan untuk bisa mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh Anda. Terutama karena Anda dalam masa penyembuhan operasi Cesar. Biasanya makanan yang di anjurkan adalah jenis makanan seperti telur ayam kampung dan ikan gabus. Konsumsi makanan tersebut bisa mempercepat keringnya luka bekas operasi Cesar Anda.

Demikian ulasan singkat mengenai cara untuk cepat sehat selepas melakukan operasi Cesar. Karena bagaimana pun juga operasi Cesar termasuk jenis operasi besar sehingga penanganan pasca operasi juga harus sangat di perhatikan dengan baik dan benar.

Related posts: