Sendi Lutut Sehat Hidup Tenang!

Tanpa kita sadari, kita sering tidak menjaga kesehatan lutut kita dengan mandi malam, tidur dilantai dan lain-lain. Padahal jika kita menjaga lutut kita, kita akan mencegah rasa sakit datang ketika kita harus jongkok, naik turun tangga, berlari bahkan berjalan. Banyak hal yang dapat membuat sendi lutut kita sakit hingga tidak dapat digunakan lagi. Obesitas adalah contohnya. Dengan berat badan yang berlebihan, lutut kita harus menanggung beratnya badan kita setiap harinya.

Tips Cara Menjaga Sendi Lutut

Betapa pentingnya lutut untuk kita membuat kita harus menjaga sendi pada lutut kita agar bisa bekerja secara optimal setiap hari. Hal-hal sederhana di bawah dapat meringankan beban sendi lutut kita, diantaranya adalah:

  • Mengonsumsi makanan yang baik untuk lutut

Untuk meringankan kerja sendi lutut, kita harus memberikan vitamin pada lutut. Makanan-makanan ini seperti cairan pelumas untuk sendi pada lutut agar tidak menyebabkan rasa sakit pada lutut. Anda baiknya mengonsumsi makanan seperti Almond, salmon, brokoli, pepaya, minyak zaitun, brokoli dan kedelai hitam untuk sendi lutut.

  • Sepatu yang nyaman

Anda harus membeli sepatu yang benar-benar nyaman buat Anda. Sehingga ketika berjalan Anda tidak akan merasa kesakitan meski harus menopang beban badan yang cukup berat.

  • Minum suplemen

Sebenarnya suplemen tidak harus dikonsumsi namun jika memang Anda merasa membutuhkannya Anda dapat meminum suplemen-suplemen penguat sendi lutut agar bisa berjalan dengan normal kembali.

Olahraga Yang Baik Untuk Lutut

Olahraga juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan lutut. Karena olahraga dapat membuat sendi lutut berolahraga dengan baik sehingga Anda tidak akan merasa kesakitan jika harus berjalan jauh atau naik turun tangga karna sudah biasa. Olahraga yang baik diantaranya adalah:

  • Leg Curl

Olahraga Leg curl dapat melatih otot pada paha belakang Anda. Gerakannya merupakan sebuah latihan isolasi. Gerakannya pun dapat bervariasi seperti berdiri, telungkup maupun berbaring.

  • Calves raise

Gerakan ini dilakukan untuk melatih otot pada betis. Anda hanya perlu membuka kaki selebar pinggul. Anda juga diperbolehkan menggunakan penyeimbang.

  • Squat

Olahraga jenis ini merupakan olahraga yang menggunakan banyak otot sehingga secara tidak langsung akan menambah masa otot pada tubuh jika dilakukan secara teratur.

 

Related posts: