Sudah Saatnya Batik Terlihat Modern

Batik Indonesia terdiri dari puluhan hingga ratusan motif. Motif-motif batik ini dikelompokkan sesuai dengan daerah khas batik masing-masing. Beberapa daerah yang sudah melekat dengan kata batik adalah Solo, Pekalongan, Cirebon, dan Indramayu. Beberapa kota lain juga memiliki batik khas daerah, namun belum terkenal seperti 4 kota tersebut. Selain menunjukkan khas daerah, batik-batik itu saat ini juga menempelkan aksen batik modern. Tidak heran jika batik-batik ini selain digunakan untuk acara resmi juga digunakan untuk hangout bersama teman-teman.

Tips Membuat Batik Lebih Modern

Para pengrajin batik Indonesia saat ini memang sudah banyak melakukan inovasi-inovasi baru dengan membuat batik modern. Cara ini dibuat agar para konsumen tidak bosan dengan motif batik dan semakin tertarik untuk mengoleksi. Beberapa cara yang dilakukan para pengrajin membuat model batik agar lebih modern adalah menempatkan sisi polos, membuat model batik seperti baju yang sedang digemari saat ini, juga cara pemilihan warna. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Menempatkan sisi polos pada batik

Baju-baju polos saat ini sangat digemari oleh semua kalangan. Mereka berpendapat bahwa model polos memberikan kesan yang lebih santai namun tetap formal dan elegan. Oleh karena itu, para pengrajin lebih baik memberikan sisi polos pada batik agar terlihat lebih santai dan tidak terlalu ramai.

  1. Membuat batik dengan model terkini

Sebagai pengrajin tentunya juga harus memperhatikan perkembangan mode saat ini. Misalnya, model yang saat ini digemari adalah baju-baju kaftan atau longdress untuk kalangan ibu-ibu. Jadi, Anda bisa menyulap kain batik menjadi longdress yang indah. Selain itu, longdress batik juga bisa digunakan untuk acara-acara resmi seperti lamaran.

  1. Membuat batik dengan warna yang cerah

Cara lain membuat batik modern adalah pertimbangan warna. Kesan yang diberikan batik dari zaman dulu adalah warna yang tua. Hal ini tentunya tidak disenangi oleh kalangan anak muda. Jadi, Anda juga perlu mempertimbangkan warna saat membuat batik. Berikan warna-warna yang cerah dan soft untuk anak-anak dan remaja.

Related posts: