Sudahkah PT Anda Memiliki Legalitas yang Kuat?

Mendirikan sebuah perusahaan merupakan sebuah usaha yang tidak terlalu sulit maupun mudah. Selain itu, ada beberapa jenis perusahaan yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Perseroan Terbatas dimana pembuatan PT ini berdiri berdasarkan saham-saham yang dimiliki oleh lebih dari satu orang. Dapat dikatakan bahwa PT merupakan salah satu jenis perusahaan yang terbilang cukup besar. Selain pendiriannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Legalitas perusahaan menjadi salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam pendirian. Tanpa adanya legalitas yang kuat, maka kemungkinan-kemungkinan yang tidak menyenangkan akan muncul nantinya.

Apa yang Dimaksud dengan SIUP?

Untuk pembuatan PT, SIUP memiliki peran yang sangat penting. SIUP sendiri merupakan Surat Izin Usaha Perdagangan yang menjadi tanda sah berdasarkan hukum yang berlaku. Lalu, ada pula beberapa jenis SIUP berdasarkan jenis modal yang dimiliki. Berikut adalah beberapa jenis SIUP:

  • SIUP Kecil

Untuk jenis SIUP yang pertama adalah SIUP Kecil. Jenis SIUP ini memiliki persyaratan bahwa sebuah perusahaan memiliki modal minimal 50 juta hingga maksimal 500 juta. Jadi, bagi Anda yang merasa memiliki sebuah perusahaan dengan besaran modal ini maka jenis SIUP yang akan dimiliki adalah SIUP Kecil.

  • SIUP Menengah

Untuk perusahaan yang memiliki modal antara 501 juta hingga 10 Miliar akan diberikan SIUP Menengah. Jenis SIUP ini berada di posisi tengah dimana modal yang dimiliki sebuah perusahaan tidak lebih dari 10 Miliar.

  • SIUP Besar

Untuk usaha yang lebih besar dengan modal lebih dari 100 miliar, maka SIUP Besar lah yang akan diberikan. Jenis perusahaan ini sudah termasuk jenis usaha besar sehingga akan mendapatkan surat izin dengan kapasitas yang lebih besar.

Jenis Persyaratan Apa Sajakah yang Harus Dipersiapkan?

Lalu, apa saja persyaratan untuk pembuatan PT? Untuk mendaftarkan atau mendapatkan sebuah surat izin untuk perusahaan Anda, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan. Untuk langkah pertama, Anda bisa melakukan pemesanan nama PT. Setelah itu, siapkan akta notaris, SKDP, SK dari Kemenkumham, TDP, dan NPWP Anda.

Related posts: