Tiga Duka Cita Berkuliah di PKN STAN

KPN STAN merupakan lembaga pendidikan yang didirikan oleh Kementerian Keuangan yang bertujuan untuk mencetak lulusan yang ahli dibidang keuangan Negara. Kampus ini merupakan salah satu kampus yang akan diincar oleh para siswa lulusan SMA sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan mereka. Les STAN bahkan tak jarang diikuti oleh calon pendaftar sebagai persiapan agar dapat melalui tes masuk STAN dengan sukses. Berbagai keuntungan yang dijanjikan KPN STAN, nyatanya harus disertai dengan pengorbanan yang harus dilakukan oleh para mahasiswa di sana.

Duka Cita Dibalik Segudang Keuntungan Berkuliah di PKN STAN

Setiap keuntungan yang kita rasakan, tentu ada harga yang harus kita bayarkan. Begitu pula ketika kita memutuskan untuk menempuh pendidikan di PKN STAN. Lupakan sejenak segala keuntungan yang ditawarkan dan hadapi kenyataan yang nanti pasti akan dihadapi. Mengikuti les STAN hanyalah salah satu pengorbanan kecil yang kita lakukan agar bisa menghadapi ujian masuk dengan baik. Ketika perkuliahan dimulai, pengorbanan yang lebih besar harus kita lakukan.

  1. Bayangan DO setiap saat

Setiap kampus tentunya memiliki peraturan mereka sendiri yang harus dijalankan oleh masyarakat kampus, terutama mahasiswa. Di PKN STAN, terdapat peraturan yang menyatakan bahwa mahasiswa tidak boleh mendapat nilai D di mata kuliah tertentu. Nilai E juga terlarang untuk semua mata kuliah. Dan jumlah IP yang harus lebih dari 2,7 di setiap semesternya. Jika melanggar ketiga hal tersebut, maka surat layangan DO akan mereka dapatkan.

  1. Masa depan yang tergadaikan

Jika mahasiswa kampus lain bisa menjadi apa pun setelah mereka lulus, maka mahasiswa PKN STAN harus mengikuti perintah kampus di mana mereka akan bekerja. Mahasiswa lulusan PKN STAN tidak bisa menjadi apa yang mereka inginkan karena pekerjaan mereka sudah ditetapkan oleh pihak kampus. Mau tidak mau, mereka harus mengabdi kepada Negara hingga masa pensiun tiba.

  1. Kebebasan yang sangat dibatasi

Bayangan surat DO yang selalu menghantui membuat banyak mahasiswa PKN STAN hanya berfokus pada studi yang mereka jalankan. Terlebih jika mereka telah mengikuti les STAN ketika akan masuk ke STAN. Waktu yang mereka punya digunakan untuk belajar sekeras mungkin untuk menghindari bayangan DO. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang tidak dapat melakukan hobi mereka.

Related posts: