Tips Atasi Maag Selama Berpuasa

Maag adalah gangguan pencernaan yang disebabkan karena produksi asam lambung yang berlebih. Gangguan pencernaan ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, maag membuat kondisi perut tidak nyaman. Pada saat berpuasa, kondisi semacam ini sangat mengganggu bahkan dapat membuat seseorang membatalkan ibadah puasanya. Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Atur Menu Makanan

Pertama sangat penting mengatur pola makan selama berpuasa. Karena waktu makan yang terbatas sangat penting untuk menjaga asupan gizi agar tubuh tetap kuat menjalakan puasa tanpa gangguan. Tetapi jika Anda mengidap maag, Anda perlu perhatian ekstra tentang jenis makanan yang Anda konsumsi. Penderita maag sebaiknya menghindari makanan yang berminyak baik saat sahur maupun berbuka. Gorengan dan makanan bersantan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Selain itu, Anda harus menghindari makanan pedas. Ketika produksi asam lambung meningkat, mengonsumsi makanan pedas hanya akan memperburuk keadaan. Selanjutnya, minuman yang mengandung kafein juga perlu dikurangi. Minuman berkafein seperti kopi dapat memicu gangguan lambung. Anggapan bahwa makanan asam akan meningkatkan asam lambung tidak sepenuhnya benar. Makanan dengan rasa asam belum tentu kandungannya juga asam. Sehingga tidak perlu berlebihan dalam membatasi makanan yang banyak mengandung vitamin C ini.

Atur Porsi Makan

Tips selanjutnya adalah mengatur porsi dan pola makan. Ketika berpuasa orang cenderung makan dengan porsi sangat banyak dengan alih-alih agar kenyang dalam waktu yang lama. Faktanya, hal ini salah. Porsi makan yang berlebih hanya akan mengganggu sistem pencernaan karena harus bekerja lebih keras. Akibatnya bisa memicu gangguan. Lambung dan perut pun menjadi perih. Ketakutan akan rasa lapar pada siang hari dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan dengan takaran gizi yang tepat bukan porsi berlebihan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi permasalahan lambung selama berpuasa. Pertama, Anda harus menghindari makanan berminyak, pedas dan berkafein. Kedua, Anda perlu mengatur porsi makan. Porsi yang berlebihan justru akan membuat perut begah dan semakin tidak nyaman. Dengan demikian, puasa Anda tetap lancar meskipun Anda menderita maag.

Related posts: