Tips Jitu Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

Apa sih musim pancaroba itu? Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahuinya, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada yang belum tahu apa itu pancaroba. Musim pancaroba merupakan musim yang mana terjadinya pergantian musim dari musim penghujan ke musim kemarau ataupun sebaliknya dari musim kemarau ke musim penghujan. Musim pancaroba ini biasanya ditandai juga dengan munculnya beberapa penyakit, hal ini dikarenakan terjadi pergantian cuaca yang cukup ekstrem sehingga jika tubuh kita tidak memiliki system imun yang baik maka akan sangat mudah terserang penyakit, salah satu penyakit yang biasanya muncul adalah flu batuk, demam dan radang tenggorokan. Oleh karenanya kita perlu menyiasati untuk tetap menjaga kesehatan di musim pancaroba.

Beberapa Tips Jitu Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

adapun untuk dapat menyiasati berbagai penyakit yang biasa menyerang di musim pancaroba, maka kita perlu melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Mengonsumsi makanan yang bermutu dan bergizi

Agar kita dapat menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba ini, maka kita perlu memperhatikan pola makan kita sehari-hari. Kita perlu mengusahakan agar bisa memperbanyak makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan juga buah-buahan. Hal ini dikarenakan sayuran dan buah-buahan banyak mengandung vitamin dan juga mineral yang pastinya akan sangat berguna dalam system metabolisme tubuh serta untuk menjaga system imun tubuh. Kita juga perlu menghindari makanan berminyak dan bersantan.

  1. Membiasakan diri olahraga yang teratur

Ketika kita melakukan olahraga, maka peredaran darah akan menjadi lebih lancar dari biasanya, hal ini akan sangat baik, karena dengan begitu sel darah putih akan tersebar ke seluruh bagian tubuh, yang mana sel darah putih ini memiliki fungsi sebagai system imun tubuh sehingga tubuh akan kebal terhadap berbagai ancaman yang dapat menyerang system pertahanan tubuh. Selain itu juga dapat membuat suhu tubuh meningkat sehingga pertumbuhan bakteri yang mengancam kesehatan kita akan menurun dan terhambat.

Itulah beberapa cara jitu yang bisa kita gunakan untuk dapat menjaga kesehatan di musim pergantian atau yang biasa disebut sebagai musim pancaroba. Selamat mencoba!

Related posts: