Tips Menghitung Volume, Ukuran Dan Biaya Baja Ringan

Untuk membangun sebuah rumah diperlukan perencanaan yang matang agar bisa mendapatkan rumah sesuai dengan impian, selain itu juga perlu memperhatikan total biaya yang akan dikeluarkan dalam membangun sebuah rumah. Saat ini sudah banyak tersedia kuda-kuda baja ringan untuk membuat rumah menjadi lebih kuat dengan menggunakan baja tersebut. Sudah banyak rumah modern sekarang ini yang menggunakan baja ringan untuk rumah impiannya karena dinilai lebih efisien.

Tips Dalam Menghitung Volume, Ukuran Dan Biaya Baja Ringan

Menggunakan baja ringan sekarang ini sudah menjadi pilihan yang tepat, bagi Anda yang akan membangun rumah menggunakan baja ringan maka berikut ini ada beberapa tips cara dalam menghitung volume, ukuran serta biaya atap baja ringan untuk pembangunan rumah Anda, diantaranya adalah:

  1. Siapkan kertas dan juga pensil kemudian gambar desain atap rumah impian Anda, hal ini bertujuan untuk menginput data dari atap rumah mulai dari ukuran luasnya, panjang dan lebar mirip seperti sketsa rumah.
  2. Kedua perhitungkan luas dari atap rumah menggunakan satuan m2 (meter persegi), Anda bisa menggunakan rumus perhitungan mengikuti bentuk rumah Anda apakah seperti luas segitiga, luas trapesium, luas persegi panjang atau bidang yang lainnya. Cukup dengan menggunakan rumus matematika sederhana dan jangan lupa juga menghitung apakah atap dari rumah Anda akan menggunakan rangka atap.
  3. Cara yang selanjutnya adalah mencari informasi berapa harga dari rangka dan kuda-kuda baja ringan di toko material yang terdekat. Harus diingat juga harga yang dibutuhkan excluding denganĀ  asumsi biaya pemasangan sendiri tanpa dengan pihak lain.
  4. Kemudian tentukan jenis penutup atap yang akan digunakan untuk rumah Anda, ingin menggunakan genteng tanah liat, genteng metal, asbes, garcioboard, genteng bergelombang atau yang lainnya. Setelah itu Anda juga harus mengetahui harga dari per pcs-nya.
  5. Selanjutnya Anda kalikan ukuran luas atap rumah Anda dengan harga baja ringan per m2. Dari perhitungan tersebut akan mulai terlihat berapa volume serta anggaran yang Anda butuhkan.
  6. Terakhir jangan lupa untuk selalu menambahkan berapa biaya lainnya di setiap perincian anggaran sesuatu. Apalagi untuk pembangunan rumah pasti ada saja biaya tak terduga yang bisa masuk ke kantong Anda. Sehingga berapa total biaya akhir dari perhitungan tersebut berdasarkan dengan volume rangka dan kuda-kuda baja ringan serta ukuran rumah tidak jauh berbeda dengan total biaya yang diutuhkan sesungguhnya.

Related posts: