Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Kemarau

Sama halnya dengan musim penghujan, musim kemarau juga datang setiap tahunnya dengan durasi yang cukup panjang. Ketika musim kemarau tiba beberapa hal perlu Anda perhatikan dalam kaitannya menjaga kesehatan tubuh. Selama kemarau suhu lingkungan, kelembaban dan juga tekanan akan mengalami perubahan. Beberapa bagian tubuh perlu mendapat perlakuan lebih untuk menghadapi perubahan suhu dan cuaca ini.

Minum Air Putih

Ketika musim kemarau tiba otomatis suhu lingkungan akan meningkat. Ketika suhu lingkungan menjadi meningkat tubuh kita akan merespons dengan meningkatkan metabolisme tubuh akibat terlalu banyak energi yang dipakai. Dengan metabolisme tubuh yang meningkat ketersediaan air di tubuh kita juga menjadi cepat habis, telat mengonsumsi air putih akan mengakibatkan dehidrasi. Ketika dehidrasi terjadi sirkulasi darah dan juga oksigen menjadi terganggu sehingga akan terasa pusing dan lemas.

Tetap Beraktivitas Meski Kemarau

Teriknya matahari saat kemarau memang membuat sebagian dari kita malas beraktivitas, apalagi menyempatkan waktu untuk berolah raga. Meski panas dan terik tubuh kita harus tetap dibuat beraktivitas, lakukan olah raga ringan seperti lari-lari kecil di sekitar rumah, atau berenang membuat tubuh kita tetap segar dan prima saat musim kemarau.

Menjaga Kesehatan Mata

Saat kemarau tiba banyak debu beterbangan, hal ini membahayakan bagi mata Anda, terutama bagi Anda yang sehari-harinya berkendara. Menutup kaca helm saat berkendara akan menghindari kontak mata dengan debu, jika mata terlalu sering terkena debu akan sangat beresiko mengakibatkan iritasi mata. Jika perlu pakailah obat tetes mata untuk menjaga mata agar tetap lembab dan meminimalisir iritasi mata.

Istirahat Yang Cukup

Siang hari di musim kemarau membuat tubuh kita bekerja ekstra keras, karena metabolisme berjalan lebih cepat. Dengan tidur minimal 8 jam dalam sehari akan membantu mengistirahatkan tubuh Anda, sehingga metabolisme yang cepat di siang hari tidak membuat tubuh Anda cepat merasa lemas dan kurang bergairah. Tidur di musim kemarau juga harus diperhatikan, pakailah pakaian yang longgar. Pakaian longgar membuat suhu tubuh menjadi normal, selain itu juga mencegah tubuh menjadi lembab akibat keringat. Tubuh yang terlalu lembab sangat mudah untuk bakteri berkembang biak.

Related posts: