Tubuh Sehat dan Bugar Saat Puasa

Saat berpuasa tubuh terkadang terasa lemas. Tidur biasanya menjadi alternatif untuk menghindari rasa lemas tersebut. Selain itu, tidurnya orang  berpuasa memang ibadah, tetapi jika berlebihan tentu tidak baik.

Tips Sehat Menjalankan Puasa

Untuk menghindari rasa malas saat berpuasa, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Tips ini juga akan membantu agar tubuh sehat dan bugar saat puasa tetap berjalan lancar. Nah, berikut ini penjelasannya.

  • Jangan Lewatkan Sahur

Sahur sangat berperan penting ketika Anda menjalankan ibadah puasa. Asupan yang Anda terima saat sahur akan mempengaruhi kinerja tubuh selama seharian. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti pada nasi merah, oatmeal, jagung, ubi dan lainnya karena akan membantu Anda akan merasa kenyang lebih lama. Sayur, buah, sumber protein serta air putih juga tak boleh dilupakan.

  • Tidak Makan Berlebihan Saat Berbuka

Makan berlebihan saat berbuka akan membuat perut terasa sesak. Hal ini karena lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Pakar kesehatan sepakat menyarankan agar ketika berbuka puasa hendaknya makan secara bertahap, diawali dengan air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis lalu dijeda minimal setengah jam untuk makan besar.

  • Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips agar tubuh sehat dan bugar saat puasa yang berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Kekurangan cairan akan mengakibatkan tubuh terasa lemas dan konsentrasi menurun terutama bagi yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, Anda akan terhindar dari dehidrasi. Minumlah air putih yang cukup.

  • Olahraga Ringan

Tetaplah lakukan olahraga selama berpuasa, tetapi batasi porsinya. Jangan lakukan olahraga yang berat atau yang mengakibatkan energi Anda banyak terkuras. Cukup lakukan olahraga ringan seperti joging atau bersepeda selama 15-20 menit tiap harinya.

  • Atur Pola Tidur

Mengatur pola tidur adalah hal yang penting dilakukan. Jika saat berpuasa Anda merasa ngantuk, itu adalah indikasi Anda mengalami kurang tidur, bukan karena tidak makan atau minum seharian. Jika Anda harus bangun pagi, maka malamnya Anda tidak boleh begadang.

Itulah beberapa tips agar tubuh sehat dan bugar saat puasa. Semoga tulisan d iatas dapat bermanfaat bagi pembaca dan selamat menjalankan puasa.

Related posts: