Tuntunan Islam Dalam Menyikapi Berita Hoaks

Artikel Islam Hijaz tentang hoaks. Sejak banyak yang menggunakan media sosial mulai banyak orang yang mengenal kata hoaks. Hoaks sendiri merupakan sebuah berita bohong yang disebar luaskan dengan menggunakan media sosial. Karena penyebarannya dengan menggunakan perangkat gadget maka berita bohong tersebut pun terlihat seperti benar dan asli.

Dan sudah menjadi satu kebiasaan atau hal yang umum ketika Kita menerima sebuah berita maka Kita akan langsung menyampaikannya pada orang lain tanpa mengecek atau melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Hal inilah yang mendukung tersebar luasnya sebuah berita hoaks dengan cepat. Seperti yang baru saja terjadi di negara Kita.

Beberapa Tuntunan Islam Untuk Menyikapi Berita Hoaks di Media Sosial

Sobat Hijaz tentunya tahu apa saja bentuk berita hoaks yang saat ini menyerang warganet di Indonesia. Berita dalam bentuk deskripsi atau uraian penjelasan yang panjang, berupa foto dan video. Hampir kebanyakan berita yang ada di media sosial rawan hoaks terutama jika Kita tak mengeceknya terlebih dahulu.

Lalu bagaimana tuntunan agama Islam untuk menyikapi keberadaan hoaks yang kian hari semakin meresahkan masyarakat. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menyikapi berita hoaks yang datang adalah dengan membacanya dengan sikap tenang. Jangan ada tendensi apa pun saat membacanya dan upayakan untuk menggunakan logika untuk mencerna apa yang ada di dalam berita hoaks tersebut.

Kemudian setelah Anda memahami apa yang ada di dalam artikel tersebut maka selanjutnya Anda tak perlu menyimpan berita tersebut. Segera hapus berita hoaks yang dikirim pada Anda agar supaya Anda tak memiliki kesempatan untuk membacanya lagi atau bahkan mengirimkannya pada orang lain.

Dan yang terakhir usahakan untuk tak berkeinginan untuk mengirimkan berita hoaksĀ  itu kepada siapa pun yang Anda kenal. Bahkan sekalipun untuk melakukan konfirmasi tentang berita tersebut. Karena dalam lingkaran berita hoaks akan terus berputar sehingga berita itu bisa tersampaikan lebih banyak kepada orang lebih luas.

Dan hal itulah yang harus dicegah dan jangan sampai terjadi. Maka dari itu langkah paling tepat ketika Kita mendapatkan berita yang kemungkinan adalah hoaks yaitu dengan cara mengabaikannya dan langsung menghapuskan dari media gadget Anda. Demikian ulasan artikel singkat dari Hijaz tentang cara Islam menyikapi hoaks.

Related posts: