Vitamin Burung Lovebird Yang Wajib Diberikan

Masih cukup banyak orang yang memelihara lovebird mengabaikan pemberian vitamin burung lovebird. Padahal jika lovebird kekurangan vitamin, pasti akan berdampak buruk pada kesehatan lovebird. Jika kita mereka membiarkan kondisi ini secara terus menerus, maka hanya tinggal menunggu waktu saja sampai efeknya terlihat pada lovebird.

Jika pemelihara tidak memberikan vitamin kepada burung apapun, termasuk lovebird, maka lama kelamaan kesehatan burung tersebut akan memburuk. Misalnya burung sering menjadi lemas karena kebutuhan vitamin C-nya tidak terpenuhi. Kaki lovebird juga bisa menjadi rapuh jika kekurangan vitamin D. Serta telur-telur yang dihasilkan oleh lovebird akan menjadi infertile atau gabuk. Hal ini karena burung tersebut tidak mendapatkan asupan vitamin E yang cukup.

Pentingnya Vitamin Burung Lovebird

Jadi, ada baiknya bagi yang mempunyai lovebird untuk memberikan vitamin burung Lovebird. Pemberian vitamin ini memang hanya bisa dilakukan dari luar yaitu dengan memberikan suplemen multivitamin bagi lovebird. Jika tidak diberikan vitamin, maka dampak buruk akan terjadi pada lovebird seperti bengkak permanen pada mata burung dan kaki berlilin akibat kekurangan vitamin A.

Sudah banyak tempat yang menjual produk vitamin untuk burung. Vitamin ini bisa berbentuk serbuk atau cair. Vitamin yang sebaiknya diberikan pada burung adalah vitamin A, B1. B2, B3, B6, B12, C, D, E, dan K. Dengan memberikan vitamin yang tepat bagi lovebird, maka kesehatan lovebird pun akan terjaga dan burung bisa berkicau dengan indah. Kesehatan burung akan semakin baik jika turut diberikan mineral.

Vitamin dalam bentuk cair bisa diberikan dengan cara meneteskan dua hingga tiga tetes saja langsung ke mulut atau paruh lovebird. Namun cara demikian memang lebih direkomendasikan oleh lovebird yang sudah sering Anda pegang. Anda juga harus tahu bagaimana cara memegang lovebird yang baik dan benar.

Untuk vitamin burung lovebird yang bentuknya bubuk maka bisa dicampur dengan air minumnya. Baca dulu petunjuknya sebelum digunakan. Pastikan Anda memberikan vitamin setiap harinya agar kondisi lovebird tetap terawat dengan baik. Untuk cara perawatan lovebird yang lain bisa Anda cek di http://vitaminburung.com.

Related posts: